Kehadiran mesin pencari (Search Engine) adalah sebuah terobosan teknologi abad 21 yang sangat penting, tentu setelah ditemukannya Internet.

Bagaimana tidak, dengan memasukan sebuah frasa, query, atau kata kunci (Keyword) kita bisa mendapatkan banyak URL website, dengan segala informasi yang relevan dengan apa yang kita masukan. Daftar tersebut dikenal sebagai halaman hasil pencarian, atau SERP (Search Engine Result Page).

Dengan menyediakan informasi selengkap dan seakurat mungkin, sebuah website bisa muncul di halaman tersebut dan mendapatkan traffic kunjungan (visitor) secara cuma-cuma. Hal ini menjadi sebuah potensi marketing yang menjanjikan bagi banyak pihak, termasuk pemilik bisnis seperti Anda.

Pengertian Search Engine Optimisation

Agar sebuah website bisa muncul dalam halaman SERP, terlebih dahulu website harus bisa menyajikan informasi yang diperlukan oleh SpiderBOT (robot pencari) untuk menterjemahkan isi dari web.

Dengan menyediakan hal-hal yang dibutuhkan, crawl bot bisa memahami informasi apa yang disajikan konten, dan menyimpannya dalam cluster. Lalu saat user/audince mencoba mencari informasi yang relevan dengan apa yang anda buat, crawl bot akan menampilkan website anda di halaman hasil pencarian,

Metode untuk menyediakan informasi tersebut lambat laun dikenal dengan istilah Search Engine Optimisation (SEO).

Search Engine Optimisation adalah sebuah metode atau cara membuat mesin pencari merekomendasikan konten yang kita buat kepada user yang sesuai.

SEMRush dalam salah satu artikel blognya mengatakan “SEO is the art and science of persuading search engines such as Google, Bing, and Yahoo, to recommend your content to their users as the best solution to their problem.

Melakukan SEO tidak sekedar membuat sebuah konten yang menarik atau judul yang click bait. Lebih luas dari itu, SEO adalah bagaimana menyajikan informasi selengkap, seakurat, dan seindah mungkin, agar user yang membaca konten tersebut senang dengan apa yang kita sajikan.

Untuk itu, beberapa praktisi SEO percaya bahwa dalam melakukan SEO pada sebuah website, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, seperti :

Membuat website mudah di crawl oleh Search Bot

Karena website/URL adalah aset yang akan muncul di mesin pencari, penting membuat website kita mudah di crawl.

Seperti dengan membuat web kita cukup ringan (page load speed), server yang mumpuni untuk menanggapi request dan serving, hingga faktor teknis lainnya yang mendukung maximal user experience, adalah ceklist penting bagi seseorang yang hendak melakukan SEO.

Menyajikan Konten Yang Relevan Dengan Keyword

Keyword dan Query adalah istilah yang sangat familiar bagi praktisi SEO, karena dua hal ini yang mengklasifikasikan informasi dalam sebuah konten agar bisa muncul di halaman pencarian.

Penting untuk membuat konten secara natural dengan tidak melupakan peletakan Keyword dalam bahasan anda.

Lakukan Konten Marketing Dengan Baik

Untuk lebih mudah mendatangkan trafik, anda bisa melakukan promosi konten dengan memposting pada sosial media anda. Cara ini cukup ampuh mendatangkan trafik sebelum artikel anda benar-benar terindex di mesin pencari.

Konten marketing juga bisa dilakukan dengan meletakan foto/gambar pada situs berbagi gambar seperti pinterest, imgur, atau situs berbagi gambar lain yang bisa membantu mendatangkan traffic.

Anda juga bisa membagikan tautan URL postingan anda pada media sosial, grup forum yang masih memiliki keterkaitan dengan topik yang sedang dibahas, hingga melakukan promosi berbayar. Semua itu merupakan hal lumrah yang bisa membantu proses Search Engine Optimisation berjalan dengan efektif.

Tentang Author

Radius Arianto adalah Vice President Public Relation di APSI. Secara aktif melakukan riset dan edukasi untuk perkembangan strategi SEO berfokus pada konten marketing. Kalian bisa menghubungi Radius melalui media sosial atau akun Linkedin pada tautan shor.by/radius.

Leave a Reply